PROFIL PONDOK PESANTREN SINAR ISLAM ASIA PASIFIC CARIU

 

PROFIL PONDOK PESANTREN SINAR ISLAM ASIA PASIFIC         

A.   Pendahuluan

Pondok pesantren Sinar Islam Asia Pasific adalah salah satu wadah pendidikan Islam yang menggabungkan ilmu-ilmu ke-Islaman dengan ilmu-ilmu umum dalam rangka mencetak generasi Islam yang kokoh dan tanggap terhadap perubahan zaman.         

B.   Visi Pesantren

Diakui sebagai salah satu Pondok Pesantren Islam terbaik di wilayah Nusantara bahkan Mancanegara yang bermanhaj Salaf as-sholihiin (Ahlus Sunnah Wal Jama’ah).       

C.   Misi Pesantren

1.      Terwujudnya Pesantren dengan fasilitas yang memadai2.      Terciptanya lulusan yang menguasai bidang agama dan bahasa Arab, Inggris, Indonesia dengan aktif dan setiap unit setara dengan SBI3.      Lulusan yang mampu berdakwah dengan aqidah dan manhaj Salafusshalih4.      Lulusan yang mampu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi baik di dalam maupun luar negeri5.      Terwujudnya warga belajar yang peduli terhadap kebersihan6.      Terwujudnya warga belajar yang memiliki akhlaq7.      Lulusan dengan hasil UN tinggi, diakui oleh pemerintah8.      Mempunyai kualitas berstandar ISO9.      Memperoleh akreditasi A dengan nilai minimal 9510.  Manajemen sekolah dengan standar BSNP         

D.   Wadah Pendidikan

Pondok Pesantren Sinar Islam Asia Pasific memiliki beberapa wadah pendidikan yang secara integral (saling terkait dan berjalan bersama-sama) dan berupaya untuk menunjang terwujudnya Visi Pesantren.Wadah pendidikan yang ada di Pesantren Sinar Islam Asia Pasific adalah :

1.      Pondok PesantrenWadah pendidikan ini walau bersifat non formal akan teatpi menjadi besic utama yang akan membantu terbentuknya kader-kader yang mampu menjadikan bangsa indonesia sebagai bangsa yang bisa dihormati dan disegani diseluruh penjuru dunia. Dalam jenjang ini diharapkan dapat mencetak para santri-santri baik lelaki mau pun perempuan yang menguasai dalam berbagai bidang ilmu-ilmu agama, memiliki kepribadian yang luhur, berakhlaq al-karimah, serta hafal akan Al-Qur’an.

2.      SMP/Sekolah Menengah PertamaWadah pendidikan dalam jenjang ini berusaha untuk dapat mencetak para lulusan-lulusan  yang mempunyai kemampuan dalam mengusai ilmu-ilmu umum sesuai dengan kurikulum yang diinstruksikan oleh pemerintah dengan optimal. Lulusan pada  jenjang ini memiliki Ijazah Nasional yang sah dari Diknas.

3.      SMK(Sekolah Menengah Kejuruan)Wadah pendidikan dalam jenjang ini berusaha untuk dapat mencetak para lulusan yang menguasai ilmu-ilmu umum yang fokus kepada kejuruan masing-masing.meski pun bersifat kejuruan, dalam wadah pendidikan ini para siswa dan siswi yang belajar dan sekolah di sini dibekali dengan pendidikan agama seperti bahasa Arab,aqidah Akhlaq, Qur’an Hadits, SKI dan PAI. Lulusan jenjang ini juga memiliki Ijazah Nasional yang sang

4.      Majelis Ta’limDalam perkembanganya majelis memiliki peran yang sangat begitu penting terutama di lingkungan masyarakat awam. Kegiatan ini berpedoman kepada ahlunsunnah wal jama’ah atau NU. Dan kami yakin bahwa dengan berlandaskan kepada ajaran-ajran para salafush shoolihiin kita akan terhindar dari pemahaman-pemahaman yang bersifat menyesatkan.         

E.   Staf dan Tenaga PengajarSaat ini staf dan tenaga pengajar Pondok Pesantren Sinar Islam Asia Pasific terdiri dari guru-guru yang semuanya nota bene lulusan dari berbagai perguruan tinggi, dan semuanya dari kalangan orang-orang yang mengenyam pendidikan pesantren, sehingga mampu memberikan asumsi pendidikan yang baikn dan benar kepada anak-anak didik kami.         

F.    Fasilitas PesantrenUntuk menunjang tercapainya kualitas pendidikan yang optimal, Pondok Pesantren Sinar Islam Asia Pasific menyediakan beberapa fasilitas di antaranya : kampus terpadu dua lantai, asrama tiga lantai, Laboratorium komputer, maktabah, lapangan olah raga (futsal, basket, bulu tangkis, voli dll), pelayanan kesehatan(klinik), koperasi kantin dan lain-lain.       

 G.  Strategi Pencapaian Visi & Misi PesantrenUntuk mencapai terwujudnya Visi & Misi Pesantren dengan wadah pendidikan yang sudah ada, Pondok Pesantren Sinar Islam Asia Pasific menerapakan Sistem Manajemen Terpadu yang meliputi :

1.      Manajemen PendidikanSistem pendidikan yang diterapkan di Pesantren Sinar Islam Asia Pasific akan selalu dikembangkan untuk membentuk para santri lulusan Pesantren ini menjadi lebih berkualitas dan unggul dalam kompetensi dibandingkan pesantren-pesantren lainnya.

2.      Manajemen Sumber Daya ManusiaPondok Pesantren Sinar Islam Asia Pasific berupaya untuk merekrut orang-orang yang berpotensi dan profesional untuk mewujudkan visi dan misi Pesantren. Demikian pula potensi Sumber Daya Manusia Pesantren yang sudah ada akan senantiasa digali dan dikembangkan sehingga seluruh pegawai Pesantren dapat menjalankan peran mereka masing-masing secara optimal.

3.      Manajemen LingkunganPondok Pesantren Sinar Islam Asia pasific berusaha untuk membentuk lingkungan yang kondusif sebagai tempat belajar mengajar. Progarm-progam kebersihan, peremajaan serta pengembangan lingkungan Pesantren akan dicoba untuk diterapkan sehingga terbentuklah kondisi Pesantren ini sebagai tempat belajar mengajar yang kondusif dan menyenangkan serta ramah akan lingkungan yang bersih. Ketiga unsur inilah yang akan menopang keberhasilan pencapaian Visi & Misi Pesantren, Insya Allah.


Komentar
    Belum ada komentar..
Kirim Komentar
Pimpinan
Drs. DIDIN WAHIDIN, M.Si
Drs. DIDIN WAHIDIN, M.Si
Agenda Kegiatan
Statistik Pengunjung
  • Hari Ini : 56
  • Kemarin : 227
  • Total : 122911
Download
Layanan